Sabtu, 11 Desember 2010

SMKN 6 sebagai program pendewasaan sikap dan mental peserta

       Sebagai SMK, tentunya kami juga sebagai peserta didik dididik untuk mempunyai mental seseorang yg siap bekerja. Untuk  itu lah perlu pendewasaan sikap dan mental para siswa. Menurut saya, pendewasaan tersebut bisa dari berbagai aspek. Misalnya On The Job Training, disitu siswa dituntut untuk mandiri, mulai dari wawancara di hotel training (mengambil contoh jurusan perhotelan), sampai saat kita melakukan training, kadang ada yg training sendiri di 1 tempat, karena mungkin yg diterima hanya 1 orang, dan tidak selalu juga yg training dgn beberapa teman atau 1 tempat dengan beberapa anak terus bergantun dengan teman yg lain. Untuk itu kita dituntut untuk bersikap mandiri dan tidak memerlukan bantuan orang lain, layaknya orang yg benar-benar bekerja.Di tempat training pun, kita dituntut untuk sama seperti karyawan lainnya.
     Karena itu, pasti terlihat, perbedaan saat seorang siswa yg telah melakukan OJT. Selain dilihat dari kemampuannya, bisa lihat juga dari sikapnya. Mungkin yg sebelumnya mempunyai sikap bergantung pada orang lain, setelah itu berubah menjadi lebih mandiri, dan sebagainya.
Dan masih banyak lagi contoh lainnya yg bisa dijadikan acuan, tapi yg pasti OJT menjadi salah satu program pendewasaan sikap dan mental para siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar