Sabtu, 11 Desember 2010

Malas belajar

       "Malas" sebagian besar siswa pelajar saat ini pasti punya sifat tersebut. Tidak hanya pelajar, bahkan orang dewasa pun kadang punya sifat tersebut. Tidak hanya malas belajar (bagi pelajar), tapi juga malas bekerja, malas melakukan sesuatu, dan sebagainya. Malas, berdampak akan tertundanya suatu pekerjaan yg dapat merugikan diri sendiri juga. Apalagi malas belajar, akan berdampak seperti saat ulangan mencontek, tugas yg diberikan tidak selesai sehingga tidak bisa mengumpulkan tepat waktu, sehingga berakibat nilai yg diperoleh tidak maksimal karena harus menyusul atau tidak tepat waktu.
       Sebenarnya dampak-dampak tersebut sudah sering dirasakan para siswa, tapi entah kenapa "malas" tersebut tidak bisa dihilangkan, sehingga hal- hal tersebut terus terulang. Untuk itu kembali lagi pada sikap disiplin dan kesadaran akan tugasnya sebagai pelajar. Hal juga tersebut dapat menghilangkan sikap malas, meskipun, jujur, menhilangkan sikap malas tersebut sangat sulit, karena saya sendiri kadang juga mengalaminya, saat-saat dimana saya sangat malas  untuk belajar, dan sebagainya, tapi bila kita tidak mempunyai keinginan untuk menghilangkan sikap tersebut, tentunya akan sulit untuk menghilangkannya.
Untuk itu hal-hal yg bisa dilakukan untuk menghilangkan sikap malas tersebut adalah:
- mempunyai keinginan yg kuat untuk menghilangkan "malas" tersebut dari diri kita
-bila "malas" tersebut menghampiri, pikirkanlah akibat bila kita malas mengerjakannya, pekerjaan tersebut akan tertunda dan akan berdampak pada hasil yg diperoleh.
Intinya kita harus punya kesadaran yg kuat akan tanggung jawab yg kita punya dan yg kita kerjakan, sehingga InsyaAllah, sikap "malas" tersebut akan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar