Minggu, 21 November 2010

Nasib TKI / TKW

               Seperti yg kita ketahui saat ini, berita memberitahukan seorang TKW yg bekerja di Saudi Arabia dianiaya majikan, mulutnya dipotong dgn gunting.. Betapa sadisnya... Lalu tidak lama kemudian terdengar kabar ada seorang TKW asal Cirebon dibunuh oleh sang majikan lalu mayatnya dibuang ke tong sampah.. sungguh miris mendengar bahwa saudara kita diperlakukan seperti itu di negara orang...
Mereka berjuang untuk mencari nafkah dinegara lain, karena di negara sendiri tidak memperoleh pekerjaan... Mereka juga merupakan salah satu sumber pendapatan devisa negara.
            Mendengar penganiayaan para TKW tersebut presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak tinggal diam, beliau langsung mengambil tindakan tegas dengan mengirim utusan ke Saudi Arabia untuk membela TKW tersebut di persidangan dan melihat langsung apakah TKW tersebut ditangani dengan baik. Menurut saya pemerintah sudah sangat tegas menyikapi penganiayaan TKW tersebut. Dan mendengar bahawa pemerintah memutuskan memberi fasilitas ponsel kepada para TKI/ TKW menurut saya itu tidak efektif, memang itu snagat membantu para TKI untuk berkomunikasi, tapi disisi lain apabila majikannya berniat jahat, tidak mungkin sang majikan membiarkan TKI tersebut memegang ponsel.
         Hal- hal yg harus dilakukan pemerintah adalah terus memantau kegiatan TKI/ TKW tersebut, bekerjasama dengan para agency penyalur TKI, dan menyiapkan sangsi hukum yg tegas kepada para majikan yg menganiaya pekerja-pekerja tersebut, tentu saja perlu ada kerjasama hukum dengan negara tempat TKI-TKI tersebut bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar